In The Name Of God - Dream Theater Mp3
Mp3-Codes.com

Sabtu, 09 Juli 2011

Yamaha Crypton 100CC: MEREMAJAKAN PIONIR 4 TAK YAMAHA


Yamaha Crypton 100CC: MEREMAJAKAN PIONIR 4 TAK YAMAHA
Add caption

Maniak Yamaha boleh dong berbangga atas muncul nya Crypton yang menjadi cikal bakal bebek 4 tak Yamaha, yakni Jupiter-Z. Crypton merupakan wujudd loyalitas Yamaha konsumen yang tak pernah terhenti dan merasa puas. Walaupun Crypton produk pertama pada segmeen bebek 4 tak, Yamaha tetep berhati-hati dan tak meelepas begitu saja sang Crypton.
Contoh konkrit nya, Crypton di lempar dengan tipikal mesin jenis long stroke dihasilkan dari bore 49,5 dan stroke 54 mm. Tentu saja kapasitas mesinnya yang genap 101,8 cc ini menjadi artileri pertama Yamaha di pasar bebek 4 tak. Sebab, dengan mengusung tipikal mesin long stroke, efesiensi BBM jelas mengalami peningkatan lebih bagus. 

Crypton diklaim di pasaran masih banyak kandungan part yang asli Jepang, hal ini diindikasi oleh mahal nya harga spare part Crypton. Tentu saja hal ini
suatu keberuntungan buat maniak Yamaha yang memiliki Crypton. Di usia nya yang hampir menginjak 14 tahun, tentu banyak pula part mesin dan non mesin yang mesti diganti baru, untuk menjaga performa nya agar lebih baik. Lalu bagian mana saja yang wajib ditinjau ulang ?

Slang bensin sudah getas
Paling gawat pada bagian slang vakum yang menghubungkan antara terminal vakum dengan leher angsa, sebagai pengoperasi terminal vakum. Kalau sampai getas atau mengeras, lebih mudah menimbulkan kebocoran. Sehingga, pengoperasian terminal vakum lebih susah. Dan turunnya BBM dari tangki jadi lebih minim, lantaran bukaan katup vakum pada jalur bensin lebih minim. Kalau sampai menemui problem ini, lakukan penggantian slang vakumnya. Selain itu, periksa kondisi slang bensin. Sering dijumpai getas atau timbul retakan dibagian dekat sengatan mesin. Jangan sampai menunggu sampai pecah ddan lakukan penggantian slang bensin baru dengan tingkat elastisitas kekenyalan yang lebih bagus. 

Ganti bushing lengan ayun
Kalau keropos sih nggak pernah dijumpai, tapi kalau lengan ayun speling atas bawah sudah umum. Tapi kondisi yang tak pernah karat tadi juga salah satu kelebihan bahan part milik Crypton. Lalu bagaimana mengatasi lengan ayun yang speling atas bawah ? penyebabnya dulu yang perlu dijabarkan, pertama hampir tak pernah adanya penggantian pelumas pada bushing lengan ayun. Kalau sudah begitu bagian sisi dalam atas bawah bushing lengan ayun yang jadi pijakan atau gesekan statis oleh poros lengan ayun saat kering. Dengan begitu, yang lebih dulu aus cuman di dua tempat sisi atas bawah silinder bushing. Dan saat nya bagian bushing ini dikanibal dari bushing lengan ayun Vega lengkap dengan poros nya. Mengingat keberadaan bushing lengan ayun Crypton susah mendapatkannya.    

Tapak temlar
Seringkali Crypton tahun 97, mengalami suara mesin kasar macam kemlitik…. di area silinder cop saat stasioner. Mirip dengan suara mesin saat dingin, dimana clearence stelan katup masih renggang. Tapi kalau kondisi daleman silinder cop normal, saat mesin panas jadi halus. Tapi kalau saat mesin panas, suara kemlitik itu tetap muncul, periksa lebih dulu clearence baut stelan katup nya. Kalau sudah dikembalikan ke ukuran normal 0,07 mm (in-ex), saat mesin panas tetap kemlitik, lakukan pemeriksaan pada tapak temlar nya. Dipastikan bagian tapaknya aus, sehingga mengurangi keakurasian clearence baut stelan katup.

Hilangi dengung mesin Crypton 97 
Ini faktanya, kalau Crypton dilempar di pasaran dengan pertimbangan yang serba matang. Balancer weight seperti yang dipakai di RX-Z juga dicangkok di mesin Crypton. Mekanis balancer, memanfaatkan putaran as kruk dengan penghubung drive gear dan driven gear untuk menggerakkan balancer model mata kapak. Dan kalau sampai muncul suara mendenging pada Crypton rakitan 99 dengan perbandingan drive gear dan driven gear yang telah disempurnakan menjadi 31-31, maka secepatnya periksa bearing tumpuan poros balancer. Dipastikan bagian ini sudah oblak dan menyebabkan timbulnya clearence yang berlebihan pada drive gear dan driven gear. Sebab, kalau dibiarkan akan lebih mudah mengundang timbul nya gram atau serbuk besi dalam mesin.

Stang piston 
Kemungkinan juga efek dari pemakaian balancer pada daun as kruk, mekanis stang piston jadi berat di sektor big end nya. Jangkauan 60 ribu Km, acap muncul gejala yang dihasilkan oleh penyimpangan spesifikasi stang piston Crypton. Kalau sudah begitu, saat nya dilakukan penggantian stang piston. Dan lanjutkan menyenter ulang as kruk nya.

Tensioner rantai camrat habis 
Konsep teekhnologi penstabil tegangan rantai camrat nya menganut model automatis. Di sektor ini Crypton yang diklaim pertama mengaplikasi. Tak lagi menggunakan karet roll sebagai penstabil tegangan rantai camrat. Keunggulannya, tensioner rantai camrat jenis automatis ini lebih efektif dalam maintenance. Sebab, teflon penekan rantai camrat memiliki jarak main lebih banyak yang dikontrol oleh pegas dan push rod one way. Kalau sampai timbul bunyi kemlitik di akhir deceleration periksa lebih dulu teflon tensioner rantai camrat nya. Saat penggantian juga mudah ditinjau dari fisik teflon tensioner itu sendiri, lantaran cenderung lebih tipis ketika waktunya ganti.

Satu set sok depan 
Dipastikan Crypton produk 97, silinder tromol nya sudah habis, kan masih menganut model rem tromol ? selain itu kondisi fisik sok depannya sudah pasti banyak mengalami trouble. Maka tak ada salahnya untuk menggantinya dengan satu set segitiga, sok depan milik F1Z-R, komplit dengan tromol, cakram dan caliper nya. Selain peranan rem depan lebih bagus, dari segi handling juga lebih bagus. Untuk dimensi sok depan Crypton sama dengan F1Z-R, begitu juga dengan as homestir nya. Alternatif lain juga bisa mengkanibal dengan sperangkat set ssokd depan milik Supra-X.

KETERANGAN & HARGA SPARE PART 
Rantai assy                : Rp. 85 ribu
Rantai camrat             : Rp. 65 ribu
Dop depan                 : Rp. 27 ribu
Kampas rem depan     : Rp. 75.000
Kampas rem belakang : Rp. 43.000
Kampas kopling          : Rp. 18.000/biji
Piston assy                 : Rp. 94.000
Gir assy                     : Rp. 120.000
Kabel gas                  : Rp. 20.000
Kabel speedometer     : Rp. 17.000
Bearing roda depan     : Rp. 17.900
Bearing roda belakang : Rp. 23.700
Stang piston               : Rp. 187 ribu
Filter oli mesin            : Rp. 100 ribu
Senter as kruk            : Rp. 50 ribu
Bushing lengan ayun   : Rp. 40 ribu
Sumber  : http://www.ototrend.com/index.php?option=com_content&view=article&id=744:yamaha-crypton-100cc-meremajakan-pionir-4-tak-yamaha&catid=79:guides&Itemid=422

Tidak ada komentar:

Posting Komentar