Memuat...

Repair Motorcycle

Loading...

In The Name Of God - Dream Theater Mp3
Mp3-Codes.com

Sabtu, 09 Juli 2011

Suzuki Thunder 125: MAU LEBIH BANDEL DI ATAS BALITA?


Suzuki Thunder 125: MAU LEBIH BANDEL DI ATAS BALITA?
Add caption

Mau kemana lagi Thunder 125 ? Bingung banget dengan segmen yang dijerat. Mau masuki pasar remaja, keburu dihadang oleh skutik. Mau masuk ke pria mapan, level sport sekelas Thunder 125 ada beragam pilihan dengan kapaistas mesin lebih besar. Belum lagi kepungan bebek premium dengan tongkrongan yang lebih cakep.
“Mesti demikian Thunder 125 punya pasar sendiri. Segmennya lebih ke konsumen yang berpotensi berkendara jarak jauh, yang mengutamakan power sport lengkap dengan ergonominya dan tak mengutamakan gaya,  ”beber Ronald dari Aneka Jaya Motor di Rungkut Kidul Industri 10, Surabaya yang juga memilikinya.

Thunder 125 diklaim memiliki mesin bandel. Karena itu pasarnya lebih banyak berada di level
konsumen yang memiliki mobilitas tinggi, di sini survey yang telah membuktikannya.

“Sebab diketahui harga maintenance Thunder 125 lebih hemat, maka tak jarang yang memanfaatkan Thunder 125 sebagai armada berat begitu juga dengan jangkauan jelajahnya,” yakin Ronald.

Berikut problem yang biasa dialami Thunder 125, selepas usia 5 tahun. Ikuti saja trik Ronald merawat dan mempertahankan performa Thunder 125 agar enak dipacu berikut ini ;

Benahi vibra di stang kemudi depan 
Masalah vibra pasti terjadi di semua jenis motor sport, tapi kalau nggak cepat dibenahi jadinya kurang nyaman saat dipakai berkendara. Faktor vibra di Thunder 125 disebabkan titik raiser stang kemudi orsi bawaan pabrik terlalu pendek, tapi hal ini juga dialami oleh sport lain.

Triknya bisa disambung raiser variasi dengan dimensi lebih tebal untuk meredam dan membuang vibra. Cara ini sekaligus bisa dijadikan untuk merubah ergonomi saat menunggang Thunder 125. Sebab dengan tambahan raiser, stang kemudi bisa diangkat lebih ke atas dan ditarik ke belakang.

Ganti rantai Satria-F Spesial buat penunggang Thunder 125 yang sering luar kota dan mengusung beben berat, ada baiknya untuk mengganti rantai milik Satria-F jenis 428 tipe H. Asumsinya, penggantian rantai ini lakukan bersamaan dengan penggantian gir depan belakang.

Untuk meenjaga hubungan mata gir depan belakang dengan rantai tetap sinkron dan tak menimbulkan bunyi kasar. Alternatif rantai ini jangan ditinjau dari harganya, tapi lihat dari tipe dan motor yang memakai. Agar tetap aman pas dipakai jalan jauh.

Membersihkan filter bensin Di Thunder 125 dilengkapi dengan 2 filter bensin. Pertama model screen yang menyatu dengan tangki dan satu nya model filter konvensional. Paling sering bermasalah filter model screen yang menyatu dengan tangki, sebab kasa filter jenis ini cukup rapat, sehingga malah mempermudah terjadinya filter screen buntu.

Proses membersihkannya mesti dilakukan dengan menguras tangki. Agar kotoran yang lama keluar, bisa diusir dari dalam tangki. Dan lanjutkan dengan membeersihkan bagian dalam karbu untuk memastikan tak ada lagi problem yang disebabkan tangki.

Cek kopling house & kampas kopling Penyimpangan yang terjadi disini mudah untuk dideteksi. Saat mesin hidup, bedakan suara mesinnya, antara tuas kopling ditarik dengan tuas kopling kondisi bebas. Saat tuas kopling ditarik, terjadi penekanan pussh rod ke bearing rumah kopling, sehingga putaran kopling house stabil.

Sedang saat tuas kopling kondisi bebas, suara mesin jadi kasar dan hal ini juga sering terjadi pada motor jenis sport lain. Kalau sampai mulai merasakan problem seperti ini, lakukan pemeriksaan pada komponen kopling house.

Terutama bagian bearing serta karet dumper antara kopling house dengan gigi skunder nya, perlu dilakukan penggantian. Sebab, kalau sampai dibiarkan lama singgungan gigi primer dengan skunder tak bisa matching dan mudah menyebabkan gigi skunder aus. 

MENGOPTIMALKAN TENAGA DI TOP SPEEDKarbu vakum nya memang pantas menyokong kapasitas mesin 125 cc nya. Tradisi untuk menyempurnakan power di top speed bisa dilakukan dengan cara hemat. Cukup mengganti main jet ukuran 115 merk SGP dari ukuran standar nya 112,5. Dan pilot jet nya naikkan dari 15 menjadi 17,5.

Asumsinya, setelah melakukan penggantiaan main jet, seting ulang stelan udara. Bisa diplot 2 putaran penuh hingga 2,4 putaran penuh. Lanjutkan dengan memoles intake manifold dan meremer lubang buang keliling 1,5 mm. 

Perlukah memasang bearing di noken as ? “Tak perlu dicari kelemahannya di bagian ini, tapi secara rata-rata tekhnologi rancang bangun untuk noken as motor keluaran terbaru, pastilah pakai bearing,”timpal Boyrenx pebengkel bubut di Kendangsari Gg. SD Inpres, Surabaya. “Tentunya, untuk melancarkan mekanis noken as itu sendiri, ”sambungnya.

Tentu ada alasan mengapa noken as Thunder 125 cuman dijamin oleh metal sebagai pelicin bubungannya ? Tapi kalau ditinjau dari komponen dan tipikal mesin yang disandang Thunder 125, sudah saat nya memakai bearing noken as ? caranya ? mesti diburu di toko spesialis penjual bearing.

Prinsipnya saat bearing dipasang di silinder cop Thunder 125, tetap muat. “Tapi, tak menutup kemungkinan pemasangan bearing pada Thunder 125 ini juga diimbangi dengan membubut poros bubungan pada noken as, untuk mengikuti diameter dalam bearing yang diaplikasi,”beber Boyrenx yang siap membantu dalam pemasangannya.  | pid

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar